Al Masoem

Penghargaan Setinggi-tingginya Kepada Kepolisian RI, Khususnya POLDA Metro Jaya, atas Kinerja Luar Biasa dalam Menangkap Buronan DPO Rudy Gunawan

30 Jul 2023  |  122x | Ditulis oleh : Admin
Rudy Gunawan

Alexander Foe yang merupakan salah satu korban RG, dengan tulus mengucapkan rasa terima kasih dan mengapresiasi sepenuh hati kepada Kepolisian RI, khususnya Polda Metro Jaya, atas kinerja luar biasa mereka dalam menangkap buronan DPO RG. Sebagai salah satu korban penipuan investasi bisnis yang dilakukan oleh oknum RG, saya sangat bersyukur karena telah berhasil menangkap tersangka ini setelah 3 tahun menjadi buron (DPO) dan berusaha melarikan diri ke luar negeri.

Dia juga sangat mengapresiasi program Hotline Kapolda yang merespons laporan saya dengan cepat dan tanggap. Kehadiran layanan ini memberikan harapan bagi banyak korban, sepertinya, untuk melaporkan tindak kejahatan dan mencari bantuan hukum dengan mudah.

Dalam siaran persnya, Alexander Foe menyampaikan bahwa RG adalah seorang penipu ulung yang telah berulang kali melakukan kejahatannya dengan modus mendirikan sekolah bisnis. Dia mengiming-imingi dan merayu para muridnya untuk berinvestasi dalam bisnis dengan janji-janji keuntungan besar yang berkedok semangat 'social entrepreneurship', ideologi nasionalis, dan spiritual.

Modus operandi yang dilakukan oleh tersangka RG adalah melalui program Bincang Bisnis yang diadakan secara konsisten di Bandung dan Jakarta setiap minggu. Di forum ini, orang-orang diundang untuk bertanya seputar masalah bisnis, dan inilah tempat RG merekrut para murid yang kelak menjadi korban program kejahatannya dalam bentuk penipuan.

Para calon murid diminta untuk menjadi member sekolah bisnis RG dan akhirnya diminta untuk menyediakan dana atau mencari modal guna mendukung bisnis yang akan dibangun bersama. Diduga tersangka RG juga telah bekerja sama dengan notaris dan bank untuk merancang skema penipuan ini dengan terstruktur dan hati-hati, sehingga ketika saya dan korban lainnya melaporkan kejahatannya, banyak perkara yang jatuh di ranah abu-abu hukum niaga dan korporasi.

Tersangka RG bahkan berani mengaku sebagai lulusan Harvard University dan mengaku membangun generasi muda Indonesia melalui sekolah bisnisnya GKMIBS (Garuda Kirana Mahardika International Business School). Kejahatan RG termasuk kejahatan kerah putih dan diduga melibatkan banyak surat negara serta pejabat negara di dalamnya.

Dengan penuh harapan, saya berharap bahwa kasus yang menimpa saya ini, dengan bantuan dari Kepolisian Metro Jaya, akan segera terungkap dan terbongkar sosok tersangka kerah putih RG ini. Hal ini dilakukan untuk mempertanggungjawabkan kerugian yang saya alami, serta mencegah tersangka melakukan tindakan serupa terhadap korban lainnya di masa mendatang.

Sekali lagi, terima kasih kepada Kepolisian RI, khususnya POLDA Metro Jaya, yang telah berjuang keras untuk menghadirkan keadilan bagi para korban seperti saya. Semoga semangat dan dedikasi yang luar biasa ini terus ditingkatkan dalam melindungi masyarakat dari tindak kejahatan dan memberikan rasa aman bagi seluruh warga negara.

Baca Juga: